9 CARA MEMANAGEMEN STRES DENGAN BAIK

.
            Kalau tidak ditangani dengan baik dan bijaksana, stres akan membahayakan kesehatan jiwa dan raga. Padahal, tuntutan kehidupan yang terus meningkat tidak mungkin membiarkan kita bebas sepenuhnya dari stres. Itulah sebabnya, sebaiknya kita memanagemeni diri dengan managemen stres.

          Satu hal yang perlu diingat bahwa stres tidak dapat dihindari karena setiap manusia pasti memiliki masalah. Yang perlu dilakukan adalah mengontrol stres secara optimal.
Apabila semuanya sudah dapat dilakukan , harapan untuk hidup lebih baik dapat diperoleh dengan mudah.

Penanganan Terhadap Stres
         Stres perlu ditangani dengan benar agar tidak menimbulkan penyakit dan akibat yang lebih buruk. Berikut ini cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan dan mengatasi stres.

9 CARA MEMANAGEMEN STRES DENGAN BAIK
1.  Menyelesaikan Masalah.
         Stres sering bersumber dari berbagai permasalahan yang belum diselesaikan atau tidak dapat diselesaikan. Berpura-pura tidak ada masalah adalah gaya seseorang dalam penyelesaian masalah dengan cara melarikan diri dari kenyataan atau masalah.
Sebaiknya setiap orang yang memiliki masalah berusaha menyelesaikan masalah-masalahnya. Masalah yang dapat diselesaikan sendiri tentulah lebih baik, namun kalaupun tidak , maka carilah bantuan.

2. Mendekatkan Diri Pada Tuhan
         Stres yang menimpa begitu banyak orang adalah suatu keadaan batin yang diliputi kekhawatiran akibat perasaan seperti takut, tidak aman, ledakan perasaan yang berlebihan , cemas dan berbagai tekanan lainnya , yang merusak keseimbangan tubuh.
Jadi, tepatlah kiranya kalau setiap kita kembali kepada Tuhan, menekuni ajaran agama masing-masing utuk mencari keselarasan , keharmonisan dan kedamaian . Bagaimana pun juga kadar iman seseorang hanya dirinya sendiri yang mengetahuinya . Ssungguhnya iman terletak di dalam hati dan keberadaan Tuhan hanya diketahui dari hati orang-orang yang beriman.

3. Bekerja Dalam Porsi Wajar
        Stres juga sering disebabkan oleh beban kerja yang berlebihan dalam tenggat waktu yang relatif singkat. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk bekerja dalam porsi wajar.

4. Harmonisasi
        Keseimbangan adalah kunci utama untuk terhindar dari stres. Oleh karena itu, sebaiknya setiap orang melakukan harmonisasi dalam hidupnya , keseimbangan antara lahir batin dunia akhirat.

5. Melakukan Hobi
       Bagi mereka yang rawan stres , sebaiknya lakukan hobi masing-masing. Saat hati senang , pikiran relaks , otot-otot mengendur , maka stres pun akan berkurang dengan sendirinya , bahkan hilang sama sekali. Bagi mereka yang memiliki jam kerja dan aktifitas padat sekalipun, hobi tetap perlu direncanakan agar ada kesempatan bagi diri sendiri  untuk relaks dan tenang.

6. Terapi Tertawa
      Terapi tertawa untuk mengurangi stres sudah banyak dilakukan orang . Tertawa 5-10 menit bisa merangsang pengeluaran endorfin dan serotonin, yaitu sejenis morfin alami tubuh dan juga melatonin. Ketiga zat ini merupakan zat baik untuk otak sehingga kita bisa merasa lebih tenang.

7. Menghadapi Stres
      Yang paling penting dari Managemen stres adalah menghadapi stres tersebut. Bukanlah stres yang merusak, tetapi cara kita menghadapinya.

8. Mengatasi Trauma
       Trauma adalah suatu kejadian yang mengguncang secara psikologis . Biasanya peristiwa tersebut terjadi secara tiba-tiba , dasyat bahkan mengguncang jiwa . Untuk itulah orang yang merasakannya mengalami ketakutan yang sangat intens dan menjadi tidak berdaya.

9. Mandi
       Mandi selain berguna untuk membersihkan badan juga sangat baik untuk mengurangi stres.
Ketika sedang dilanda stres dan masalah yang banyak, cobalah mandi dengan air hangat, kemudian rasakan panasnya uap air membuka pori-pori kulit .Bila mandi dengan air hangat dirasa sudah cukup, segeralah bilas dengan air dingin. Ini berfungsi untuk menutup kembali pori-pori tubuh yang terbuka.

0 Response to "9 CARA MEMANAGEMEN STRES DENGAN BAIK"

Post a Comment