10 MAKANAN PENCEGAH STRES

.
      Jika kondisi stres terus-menerus kita balami dan berbagai cara telah kita lakukan, tetapi stres belum juga berkurang, ada baiknya kita mulai memilih jenis makanan yang kita santap. Ini karena makanan juga berkaitan dengan stres atau beban otak otak yang sedang kita alami. Pengaruh makanan sangat besar terhadap stres tersebut.
      Sejumlah penelitian menyebutkan mereka yang memiliki tingkat hormon stres tinggi ternyata cenderung mengkonsumsi makanan dengan tingkat kalori dan gula pekat. Sedangkan mereka yang hormon stresnya lebih rendah, lebih banyak memilih asupan daging, ikan segar dan sayuran (Food and Mood Project 2001, Inggris).
      Tingkat stres kita juga akan terkendali dengan lebih baik jika kita tidak hanya sekadar memperhatikan jenis makanan, melainkan juga mngendalikan jumlah asupan dan frekuensinya.
Pakar giji menyarankan , sebaiknya untuk makan setiap empat jam sekali.
      Berikut ini daftar jenis makanan penangkal stres yang disarankan oleh Natural Health Magazine
10 MAKANAN PENCEGAH STRES

1. Aneka buah beri
      Buah-buahan dari semak liar ini ternyata kaya antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas dalam darah yang berhubungan erat dengan penyakit kronis dan penuaan. Rasanya yang asam manis juga lebih menyenangkan dibanding permen. Di Indonesia jenis buah beri yang mudah ditemukan adalah sejenis murbei dan stroberi liar.

2. Susu dan olahraga 
     Kandungan kalsium dan magnesium yang ditemukan dalam keju dan Yoghurt terbukti memberi efek menenangkan, terutama pada otot-otot. Konsumsinya tidak perlu banyak , cukup satu kemasan kecil yoghurt atau selembar keju mampu menekan rasa lapar akibat stres

3. Aneka Jeruk dan Buah-buahan
      Buah-buahan , terutama jeruk, kaya vitamin C yang bertanggung jawab atas produksi adrenalin dalam tubuh. Kekurangan vitamin C akan menghasilkan rasa lelah yang sangat dan meningkatkan kepekaan kita.

4. Herbal
      Herbal sangat kaya akan antioksidan. Perbanyak konsumsi jenis sayuran hijau. Jika ingin manfaat herbal yang lebih maksimal, makanlah mentah agar kandungan antioksidannya tidak hilang saat dimasak.

5. Daging
     Protein dalam daging merah membantu menstabilkan kadar gula darah dan menjaga agar emosi tidak naik turun. Sekerat daging juga kaya akan vitamin B , terutama vitamin B6 dan B12.

6. Ikan dan Rumput Laut
    Ikan laut dan rumput laut kaya akan yodium yang bermanfaat dalam pembentukan hormon tiroid.

7. Kerang-kerangan 
    Yang termasuk kelompok kerang-kerangan adalah kepiting dan udang besar . Kelompok ini terbukti rendah kalori dan rendah lemak. Selain itu, kerang-kerangan juga kaya akan protein , B12, B6, Selenium, Seng yang sangat berguna dalam proses pembentukan protein. Seng, Magnesium, dan kalsium sangat membantu antioksidan melakukan fungsinya mengeluarkan radikal bebas dari dalam sistem tubuh.

8. Bayam
     Bayam kaya akan zat besi . Satu mangkuk bayam mengandung 40 persen kebutuhan magnesium tubuh dalam sehari. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan mudah pusing , kelelahan, dan perasaan mudah tersinggung.

9. Daging Kalkun
     Seperti halnya daging sapi warna merah, daging kalkun banyak mengandung hormon tiroid yang berguna untuk relaksasi. Kelebihannya daging kalkun mempunyai lebih banyak kelebihan lain, diantaranya mengandung lebih banyak protein, lebih rendah kalori dan lebih rendah lemak.

10. Gandum Butir
   Gandum butir mengandung produksi hormon serotonin yang memiliki efek menyerupai rasa senang setelah olahraga dan zat antistres. Gandum butir juga membuat kadar gula darah stabil.

     

0 Response to "10 MAKANAN PENCEGAH STRES"

Post a Comment