Mengapa Pasang Surut Hanya Terjadi di Laut Tapi Tidak terjadi di Danau?

.
B*
Bagaikan bejana yang berhubungan, air yang berada di dalamnya bisa bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain ketika diberi gangguan ke salah satu sisi.
Begitu juga yang terjadi pada pasang surut air laut.
Gangguan yang terjadi diakibatkan oleh gaya gravitasi.

Gaya gravitasi ini muncul dari matahari dan juga dari bulan yang menarik partikel-partikel air yang ada di bumi pada salah satu bagian sisinya.
Air laut yang ada di bumi ini saling berhubungan antara tempat yang satu dengan tempat yang lain.
Air bisa bergerak dan mengalir dengan bebas antara laut di seluruh dunia.
Hal inilah yang menyebabkan pasang di laut. Air dapat mengalir dari laut yang mengalami surut  ke air yang mengalami pasang.

Mengapa Pasang Surut Hanya Terjadi di Laut Tapi Tidak terjadi di Danau?
Gambar pasang surut air laut
Bagaimana Dengan Danau ?
Danau-danau yang ada di seluruh dunia tidak seperti bejana berhubungan. Danau-danau di bumi ini kondisinya saling terisolasi, sehingga tidak memungkinkan adanya aliran surut dari sisi yang lain ke sisi yang lain. Akibatnya pasang yang besarnya signifikan  tak mungkin terjadi pada danau.
Perlu kita ketahui bahwa pasang itu adalah pertambahan volume dan surut itu adalah pengurangan volume.

Pada danau tidak terjadi mekanisme pasang surut walaupun gaya gravitasi yang diterima danau besar pada saat bulan purnama, tidak ada volume tambahan air yang diterima.

Selain pada danau, hal yang sama juga terjadi pada bagian air yang lain. Seperti pada kolam dan waduk. Karena sistem tersebut terisolasi tidak memungkinkan terjadinya pasang surut.
Sekalipun terjadi pasang surut, hanya mengalami sedikit kenaikan yang bisa diabaikan.


Bagaimana Proses Terjadinya Pasang Surut?
Seperti penjelasan di atas tadi, bahwa pasang surut air laut disebabkan oleh gravitasi bulan dan gravitasi matahari. Namun gravitasi bulan memberi efek yang lebih besar karena jarak bulan yang lebih dekat ke bumi dibandingkan dengan jarak matahari.

Mengapa Pasang Surut Hanya Terjadi di Laut Tapi Tidak terjadi di Danau?
Skema Posisi Bulan saat terjadi pasang surut
Pasang surut air laut bisa terjadi dua kali yaitu pada saat bulan purnama dan bulan baru. Saat belahan bumi yang satu mengalami pasang, maka belahan bumi yang lain mengalami surut. Hal ini disebabkan karena pengambilan jatah air dari belahan bumi lainnya.

Pada saat Pada belahan bumi yang mengalami bulan purnama, jarak air laut dengan pusat bulan lebih dekat daripada jarak pusat bumi dengan pusat bulan. Hal yang sama terjadi pada belahan bumi yang mengalami bulan baru, jarak air laut dengan pusat bulan lebih jauh daripada jarak pusat bumi dengan pusat bulan. Ini mengakibatkan gaya gravitasi bulan lebih kuat daripada bumi untuk menarik air laut.

Kondisi ini terjadi pada belahan bumi yang tidak mengalami bulan purnama maupun bulan baru atau disebut pasang perbani.


0 Response to "Mengapa Pasang Surut Hanya Terjadi di Laut Tapi Tidak terjadi di Danau?"

Post a Comment