Gangguan Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

.
Ads Here
Sebagai manusia normal kita tentunya menginginkan kesehatan tubuh kita bisa terjaga terus.
Terhindar dari segala jenis penyakit tentunya menjadi idaman kita semua.

Namun sebagai mahkluk ciptaan kita selalu punya keterbatasan, sekalipun kita sudah memelihara kesehatan kita, penyakit kadang masih bisa datang pada tubuh kita yang mengganggu kesehatan kita.

Terlebih dengan peredaran darah, hal ini merupakan unsur penting dalam tubuh kita. Tanpa darah kita tidak bisa hidup.

Terkadang sistem peredaran darah kita bisa terganggu. Bisa  disebabkan karena gaya hidup yang bersangkutan. Ada yang bisa diatasi namun ada juga yang tidak bisa kita hindarkan seperti penyakit keturunan atau genetis.


Mari kita lihat apa-apa saja gangguan pada sistem peredaran darah pada manusia.

         1. Hemofili
  Adalah suatu kelainan dimana darah sipenderita sukar membeku. Hal ini disebabkan karena kekurangan atau tidak adanya zat antihemofili. Jika sipenderita hemofili (Hemofilia) mengalami luka pendarahan , maka darahnya akan terus mengalir dan sulit membeku.

  
         2. Anemia
Suatu penyakit kekurangan eritrosit atau kekurangan sel darah merah.  Hal ini bisa disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi yang mengakibatkan proses pembentukan darah menjadi terhambat. Bisa juga disebabkan karena terkena penyakit infeksi cacing atau juga karena rendahnya kadar hemoglobin dalam darah.

       3. Penyakit Kuning Pada Bayi
Rusaknya sel-sel darah merah pada bayi bisa mengakibatkan bayi yang lahir warna kulitnya kekuningan.

      4. Leukimia
Sel darah putih berfungsi melawan atau memakan bibit -bibit kuman atau bakteri dalam darah. Namun sangat berbahaya jika seseorang mengalami kelainan Leukimia atau kanker darah. Ini disebabkan karena sel darah putih tidak berfungsi sebagaimana mestinya.Sel tersebut mengalami pembelahan yang tidak terkendali yang bisa memakan sel darah merah dan dapat berujung pada kematian.

      5. Tekanan Darah Tinggi
Tekana darah tinggi atau hipertensi muncul karena adanya penyempitan pembuluh darah arteri sehingga tekanan darah menjadi meningkat. Memakan makanan yang kadar lemak dan zat kapurnya tinggi dapat memicu penyakit ini karena makanan tersebut dapat mengakibatkan penebalan dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.. Pada umumnya penyakit tekanan darah tinggi  bisa disertai dengan gejala stroke.

     6. Tekanan Darah Rendah
Tekanan darah rendah atau hipotensi dapat disebabkan akibat kelelahan atau keletihan. Gangguan ini dapat menyebabkan gejala pusing, pingsan, dan tubuh lemah atau letih. Perlu diketahui, pada ibu yang sedang hamil tekanan darah rendah dapat mengakibatkan janin yang dikandung mengalami penurunan tingkat kecerdasan.

     7. Trombus dan Embolus
Trombus dan Embolus adalah penyakit terhentinya pembuluh utama yangberfungsi menghantarkan O2 ke otot jantung. Hal ini disebabkan karena adanya penggumpalan atau infeksi pada katub jantung sehingga katup jantung tidak dapat menutub lagi dan bocor.

      8. Sklerosis
Sklerosis adalah penyakit mengerasnya pembuluh darah arteri karena timbuna lemak dan zat kapur yang dapat menimbulkan hipertensi.

     9. Varises
Varises adalah penyakit pelebaran pembuluh darah yang terjadi pada bagian tertentu. Biasanya terjadi pada betis, namun bisa juga terjadi pada paha. Hal ini disebabkan karena sehabis melakukan aktifitas berat pembuluh darah sering terlipat karena langsung duduk. Untuk menghindarinya biasakan setelah melakukan aktifitas berat meluruskan atau merentangkan kaki.

      10. Ambeien  atau Hemoroid
Penyakit ambeien   disebabkan karena adanya pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah pada ujung rektum atau anus. Cara mengatasi penyakit ini silahkan baca DI SINI.



Info Penting

Warna biru atau memar di kulit pada saat kamu terluka atau terkena banturan sebenarnya adalah proses pembekuan darah yang terjadi di dalam jaringan tubuh. Darah akibat luka tidak keluar karena bagian permukaan tubuh tidak tergores. Darah hanya merembes keluar dari pembuluh dan berada di jaringan , kemudian membeku di dalam daging atau jaringan di bawah kulit. Darah yang membekumerupakan sel mati yang kemudian akan di makan oleh sel-sel imun, antara lain sel-sel monosit sehingga akhirnya hilang dan menjadi sembuh.

0 Response to "Gangguan Sistem Peredaran Darah Pada Manusia"

Post a Comment