VISI DAN MISI PENDIDIKAN SMA DAN SMP

.
Ads Here
BAB I
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang universal dalam kehidupan manusia. Di manapun di dunia ini terdapat masyarakat manusia, dan disana pula terjadi pendidikan. Walaupun pendidikan merupakan gejala umum dalam kehidupan masyarakat, namun perbedaan pandangan hidup, perbedaan falsafah hidup yang dianut oleh masing-masing bangsa atau masyarakat menyebabkan adanya perbedaan penyelenggaraan termasuk perbedaan tujuan pendidikan yang ingin dicapai suatu bangsa atau masyarakat. Kegiatan pendidikan tidak dapat dilepaskan dari yang hendak dicapainya.
               Tujuan pendidikan memiliki kedudukan yang menentukan dalam kegiatan pendidikan. Tujuan pendidikan memiliki dua fungsi yatu : memberikan arah kepada segenap kegiatan pendidikan dan merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh segenap kegiatan pendidikan.
            Pendidikan memang merupakan kegiatan manusia, namun bukan suatu kegiatan yang tanpa batas. Banyak hal-hal yang membatasi pelaksanaan pendidikan, diantaranya tujuan pendidikan yang menjadi arah yang harus dicapai oleh pendidikan. Berbicara tentang tujuan pendidikan, maka seharusnya kita sebagai guru mampu mengetahui dan mengaplikasikan visi, misi, tujuan dan asas-asas pendidikan dalam proses pembelajaran di sekolah.  


BAB II
PEMBAHASAN
A. Visi Pendidikan
Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Sedangkan pendidikan dapat diartikan sebagai suatu metode untuk mengembangkan keterampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang diharapkan dapat membuat seseorang menjadi lebih baik.
         Pendidikan mempunyai visi yaitu terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
         Pendidikan merupakan proses sistematis untuk meningkatkan martabat manusia secara holistik, yang memungkinkan ketiga dimensi kemanusiaan paling elementer di atas dapat berkembang secara optimal. Dengan demikian, pendidikan seyogyanya menjadi wahana strategis bagi upaya mengembangkan segenap potensi individu, sehingga cita-cita membangun manusia Indonesia seutuhnya dapat tercapai. Selain itu, pembangunan pendidikan nasional juga diarahkan untuk membangun karakter dan wawasan kebangsaan bagi peserta didik, yang menjadi landasan penting bagi upaya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI.
B. Misi Pendidikan
         Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi.
         Dalam rangka mewujudkan Visi Pendidikan Nasional dan sesuai dengan Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Misi Pendidikan Nasional adalah:
1.     mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia;
2.     membantu dan memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar;
3.     meningkatkan kesiapan masukan dan kualitas proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral;
4.     meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global;
5.     memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan RI.
C. Visi dan Misi Sekolah Menengah Pertama
            Setiap instansi sekolah menengah pertama memiliki visi dan misi yang berbeda-beda. Dibawah ini berberapa contoh visi dan misi .
Visi:
Memiliki SDM Berakhlak Mulia, Kreatif, dan Berprestasi Internasional
Misi:
1. Mengembangkan sumber daya secara optimal dalam rangka mempersiapkan siswa berkompetisi di era global
2. Menciptakan lingkungan sekolah yang asri, bersih, indah, hijau, dan nyaman berwawasan wiyata mandala
3. Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berakhlak, kreatif, berprestasi,  berwawasan iptek dan lingkungan
4.Mengadakan layanan publik berupa informasi kegiatan di sekolah yang berbasis ICT
Tujuan :
1.Membina berkembangnya akhlaq siswa
2.Mengembangkan kreativitas siswa
3.Meningkatkan prestasi siswa sesuai dengan potensi yang dimiliki
4.Menyiapkan siswa untuk dapat masuk di SLTA yang diinginkan baik di dalam maupun di luar negeri
5.Menyiapkan siswa untuk dapat menyusun karya ilmiah dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris

Visi Smp Negeri 1 Blahbatuh di rumuskan sebagai berikut :
“Bermutu, bermoral, dan berpijak pada budaya bangsa”.
Misi Sekolah
Misi sekolah dirumuskan untuk mewujudkan visi sekolah. Misi smp negeri 1 blahbatuh sebagai berikut :
1. Meningkatkan kualitas pembelajaran dan bimbingan yang efektif dan efisien.
2. Melaksanakan bimbingan dan pembinaan kepada siswa dalam kegiatan olah raga.
3. Melaksanakan bimbingan dan pembinaan kepada siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler.
4. Mendorong siswa untuk mengenali potensi dirinya melalui bimbingan dan pembinaan keterampilan, budi pekerti, dan pemahaman diri.
5. Meningkatkan dan optimalisasi pelaksanaan aturan tata tertib dan budu pekerti terhadap warga sekolah sebagai pedoman dalam meningkatkan disiplin warga sekolah.
6. Membangkitkan kepedulian seluruh warga sekolah terhadap lingkungan fisik dan lingkungan sosial sekolah sebagai wiyata mandala.
7. Mengintegrasikan aspek budi pekerti kedalam mata pelajaran sebagai bentuk penilaian sikap, dan pola prilaku siswa.
8. Meningkatkan rasa keimanan melalui penghayatan agama yang dianut siswa sebagai pedoman dalam berpikir, berbuat dan bertindak sehari – hari.
9. Mengoptimalkan sumber daya sekolah.

D. Visi dan Misi Sekolah Menegah Atas
Visi Sekolah :
"Unggul dalam Prestasi dan Berbudi Pekerti Luhur"
Misi Sekolah :
• Mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul dan Berbudi Pekerti Luhur.
• Meningkatkan mutu pendidikan yang mengintegrasikan sistem nilai, agama dan budaya dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
• Mengembangkan seluruh potensi siswa secara optimal baik dalam bidang akademis maupun non-akademis.
• Mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya manusia dan sarana prasarana yang ada di sekolah dan mensinergikan seluruh potensi guna mewujudkan visi sekolah secara optimal.
• Menjalin hubungan yang harmonis antara sekolah dengan wali peserta didik, masyarakat, instansi dan lembaga terkait dalam rangka pencapaian visi sekolah yang optimal.
Visi SMA Negeri 6 Bandung
Terwujud Sekolah Menengah Atas Negeri 6 unggulan Kota Bandung dengan mengembangkan potensi peserta didik sehingga berdaya saing, berprestasi, berkarya, dan mampu menjawab tantangan perubahan zaman yang berdasarkan akhlak mulia.
Dengan motto ” Mengolah Potensi, Mewujudkan  Prestasi ”
Misi SMA Negeri 6 Bandung adalah :
1. Meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan, sehingga tercipta warga sekolah yang shaleh dan lingkungan yang religius;
1. Membekali peserta didik dengan  ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan keterampilan untuk mampu  berkembang pada pendidikan yang lebih  tinggi  sesuai tuntutan kehidupan;
2. Membina peserta didik  untuk  mengembangkan  dirinya agar dapat berprestasi sesuai dengan potensi , minat dan bakat yang dimilikinya;
3. Menumbuhkembangkan peserta didik sehingga mampu mandiri, berdaya cipta, belajar sepanjang hayat, untuk beradaptasi mengikuti perkembangan;
2. Meningkatkan kualitas kedisiplinan dan ketertiban peserta didik;
3. Meningkatkan kualitas daya saing peserta didik;
4. Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan yang unggul dan bermutu;
5. Melengkapi sarana/prasarana sekolah sebagai daya dukung peningkatan mutu pendidikan;
6. Meningkatkan kesadaran di lingkungan sekolah akan pentingnya kebersihan, kesehatan dan keindahan;
7. Membudayakan sekolah bersih, sehat dan indah sehingga mampu meningkatkan kualitas belajar peserta didik.
Visi
Unggul  dalam  prestasi yang berdaya saing internasional dan  berbudi  pekerti  luhur
Misi
1. Terwujudnya perolehan nilai un rata-rata  diatas 9,0
2. Terwujudnya  prestasi dibidang  akademik tingkat nasional dan internasional
3. Terwujudnya prestasi di bidang non akademik tingkat nasional dan internasional
4. Terwujudnya  kemampuan siswa  dalam berbahasa inggris
5. Terwujudnya sarana prasarana  / fasilitas sekolah bertaraf internasional
6. Terwujudnya  standar iso 9000 - 2008
7. Terwujudnya lingkungan yang bersih , nyaman, kondusif untuk belajar
8. Terwujudnya  penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama yang dianut , serta etika moral , sehingga menjadi sumber kearifan dan kesantuanan baik dalam berbahasa maupun tingkah laku.
Visi
Membentuk peserta didik menjadi insan yang cerdas, trampil sehat jasmani dan rohani, berbudaya dan memiliki wawasan kewirausahaan berdasarkan keimanan dan ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Misi
• Meningkatkan keiman dan ketaqwaan melalui bimbingan dan kegiatan keagamaan.
• Meningkatkan prestasi akdemik dan non akademik melalui kegiatan peningkatan mutu pembalajaran dan sarang pembelajaran.
• Meningkatkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan pengembangan potensi diri.
• Meningkatkan ktrampilan dan Apresiasi peserta didik di bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Sosial, Budaya dan Seni melalui “Constructivism Learning” dan interaksi global.
• Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani melalui bimbingan dan kegiatan olah raga dan keagamaan.
• Meningakatkan jiwa kewirausahaan melalui Pembinaan Kewirausahaan dan Kegiatan Pengembangan Wawasan Khusus.
• Meningkatkan dan mengembangkan efisiensi pembelajaran baik secara lokal, nasional, dan Internasional.
• Meningkatkan layanan informasi pendidikan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
VISI
Disiplin Dalam Belajar Dan Berkarya Menuju Prestasi Yang Unggul Didasari Iman Dan Taqwa
MISI
• Membudayakan Disiplin Warga Sekolah.
• Mengefektifkan dan Mengintensifikasi Kegiatan Belajar Mengajar.
• Mengintensifikasi Kegiatan Ekstra Kurikuler.
• Meningkatkan Kemampuan Profesionalisme Guru



BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
     Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu metode untuk mengembangkan keterampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang diharapkan dapat membuat seseorang menjadi lebih baik. Pendidikan mempunyai visi yaitu terwujudnya system pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Sedangkan misi dari pendidikan salah satunya adalah mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia
Saran
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam hidup manusia. Untuk mendapatkan pendidikan yang baik maka perlu adanya pemahaman terhadap visi, misi.

0 Response to "VISI DAN MISI PENDIDIKAN SMA DAN SMP"

Post a Comment