Tips Menjadi Seorang Ayah Yang Hebat

.
Ads Here
Menjadi Ayah yang hebat dalam sebuah keluarga tentunya menjadi idaman semua pria sejati.
Namun tidak muda dalam mencapai hal tersebut.
Seperti kata pepatah " untuk mendapatkan sesuatu yang berharga perlu ada pengorbanan".

Tentunya juga ada hal-hal yang dilakukan seorang ayah untuk bisa menjadi ayah yang hebat dalam keluarga.
  1.  Meluangkan waktu bersama Anak-Anak
Hal yang paling utama dalam sebuah keluarga adalah kebersamaan dengan anak-anak.
Terkadang karena begitu sibuknya dengan pekerjaan , akhirnya waktu dengan anak-anak menjadi terlalaikan. Ketahuilah kebersamaan dengan anak-anak juga penting dalam membentuk karakter kasih sayang mereka. Sesibuk apa pun kita dalam bekerjala, tetaplah luangkan waktu dengan anak-anak. Jika anda terlalu sibuk, maka mereka akan merasa diterlantarkan dan hal ini juga mereka bisa merasa minder dengan teman-teman mereka.

     2. Ada saatnya untuk didengarkan

Hal ini sangat perlu dalam memberi kontrol terhadap anak-anak, ketika mereka berbuat salah upayakanlah untuk didengarkan terlebih dalam memberi nasehat. Sehingga nantinya setelah-anak-anak tumbuh dewasa mereka mempunyai karakter penurut dan hormat terhadap orang tua.
Hal timbal balik juga perlu dalam hal ini, seorang ayah juga perlu dalam mendengarkan ide-ide ataupun persoalan-persoalan mereka, sehingga nantinya setiap mereka mengalami masalah, ada diskusi dalam penyelesaiaan masalah dalam sebuah keluarga. Anak-anak akan jauh dari perasaan putus asa ataupun merasa frustasi.

    3. Menetapkan Kasih dalam bentuk Disiplin

Mengasihi anak-anak bukan berarti kita turut serta dalam setiap permintaan mereka. Berikan hukuman yang sesuai dengan tindakan mereka. Ingatlah hukuman positip tanpa harus melukai fisik ataupun psikis anak-anak. Hukuman yang berupa batasan-batasan yang masuk akal yang bisa mendisiplinkan mereka.

    4. Jadilah Aktor dalam keluarga

Seorang ayah juga perlu menjadi sosok yang harus ditiru oleh anak-anak.
Berlakulah bagi anak-anak perempuan anda sebagai aktor pelindung mereka, sehingga mereka menyadari bahwa perempuan layak dihormati oleh pria. Mereka juga mendapat pengetahuan apa yang harus mereka perbuat terhadap laki-laki nantinya.
Mendemonstrasikan, kejujuran, kerendahan hati, dan juga tanggung jawab perlu dilakukan oleh seorang ayah.

    5. Menjadi Guru Saat di Rumah

Orang sering beranggapan bahwa mengajar anak-anak adalah tugas orang lain khususnya guru. Tapi dalam hal ini perlu seorang ayah mengambil peran menjadi seorang guru. Ajarilah mereka tentang hal-hal yang benar dan dorong mereka dalam mengambil keputusan-keputusan yang baik dan tentunya juga benar.

    6.  Membiasakan Makan bersama keluarga

Dalam situasi seperti ini, anak-anak paling sering dalam mengeluarkan apa yang mereka pikirkan. Apa rencana mereka dan apa yang harus mereka lakukan. Jadi saat seperti ini anak-anak terbiasa dalam menyampaikan pendapat. Hal ini juga bisa melatih keberanian mereka berbicara di depan umum. Selain itu, makan bersama-sama keluarga juga bisa memelihara kesehatan bersama.

   7. Mendemonstrasikan Kasih Sayang

Anak-anak sangat mengharapkan betapa mereka dikasihi, dihargai dan juga dibutuhkan. Untuk itu rangkullah anak-anak anda selalu dan selalu perlihatkan kasih sayang anda pada anak-anak.

    8. Ingat, Bahwa Tugas seorang Ayah tidak pernah selesai

Tanggung jawab seorang ayah bukan hanya saat mereka masih anak-anak atau saat mereka di dalam lingkungan rumah. Tetapi setelah mereka besar atau pergi merantau mereka selalu merindukan nasehat seorang ayah, entah mereka saat mencari pekerjaan, menikah atau membangun sebuah keluarga. Selalulah memberi nasehat dan juga motivasi berdasarkan pengalam berharga anda yang terbaik yang pernah anda alami.



0 Response to "Tips Menjadi Seorang Ayah Yang Hebat"

Post a Comment