Asinai Roha...Mengurus KTP pun Susah Kali Urusannya

.
Ads Here
Kisah yang dialami oleh seorang Ibu yang memiliki 6 orang anak harus kesusahan mengurus KTP yang tidak bisa kelar-kelar.
Lantaran sudah berulang kali pergi mengurus KTP nya namun tak kunjung siap akhirnya dia melaporkan hal tersebut ke media.
Asinai Roha...Mengurus KTP pun Susah Kali Urusannya
Copyright: sorotdaerah.com

Hal yang membuat miris adalah, akibat hal tersebut aparat desa yang merupakan suruhan pihak kader desa malah meneror dia, sehingga dia terkadang harus berondok di kamar rumahnya demi menghindari hal tersebut.

Ibu yang bernama Marlina Simamora ini merupakan  warga Jalan Kubah, Medan Johor, kesulitan mengurus kartu tanda penduduk. Setahun lalu, ia bolak-balik menguruskan agar dicatatkan sebagai penduduk Medan, namun selalu gagal.

Setelah kasus ini diadvokasi oleh Ombudsman Sumut, kader desa yang melakukan pungli itu dipanggil. Pelakunya bersembah sujud sambil berurai air mata di depan tim advokasi Ombudsman demi mengakui kesalahannya. Sayangnya, sampai hari ini, kartu keluarga dan kartu penduduk Marlina yang dijanjikan si pelaku tak juga dikelarkan. “Padahal saya sudah berulang kali bayar ratusan ribu, kata Marlina.

Marlina sungguh merasa sedih, lantaran ke anak-anaknya banyak yang putus sekolah karena tidak mampu membiayai sekolah anak-anaknya. Gara-gara KTP yang tidak kelar-kelar, dia mengaku anaknya tidak jadi merantau dan bahkan kesulitan dalam mencari pekerjaan.

Berkat bantuan Ketua Pemulung Sejahtera Uba Pasaribu, Marlina agak sedikit senang.
Uba datang membawakan bantuan dua karung beras. Marlina senang dengan sumbangan itu. Namun ia masih saja berharap Pemko Medan membantu mengupayakan terbitnya identitas kependudukannya.

Uba Pasaribu mengatakan, ia sudah menyampaikan persoalan ini langsung le kepala desa setempat. Dan kepala desa menjanjikan akan membantu. “Keluarga ini perlu sekali dibantu penerbitan indentitas kependudukannya. Mereka warga miskin. Sudah tujuh belas tahun mereka di Medan ini. Mereka harusnya mendapat akses untuk dibikinkan kartu kependudukannya,” terang Uba. (JS)

0 Response to "Asinai Roha...Mengurus KTP pun Susah Kali Urusannya"

Post a Comment