Pemerintah Mengupayakan Kejayaan Maritim Indonesia

.
Ads Here
Negara Indonesia yang letaknya sangat strategis sebagai poros transportasi laut menuntut tanggung jawab penuh dalam mengedepankan kejayaan maritim. Untuk itu, dengan berbekal sumber daya yang dimilki Indonesia pemerintah optimis akan mampu mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai bangsa maritim yang besar dan disegani bangsa lain di dunia.

Memang pada saat ini pemerintah masih fokus membangun transportasi laut dan infrastruktur pelabuhan yang disertai dengan pembangunan industri maritim yang kuat, termasuk dengan membangun kekuatan ekonomi masyarakat namun harapannya kemandirian maritim dapat terwujud.

Dalam hal ini dengan merujuk visi Presiden untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia hal ini akan segera diupayakan.

Tapi perlu disadari bahwa program ini bukanlah program perorangan, artinya butuh dukungan dari segala aspek seluruh instansi dan stakeholder terkait diharapkan  dapat berpartisipasi aktif memberikan dukungan dalam pembangun sektor maritim melalui terobosan-terobosan yang dapat memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan masyarakat, seperti program Tol Laut, Pemanduan di Selat Malaka, serta Direct Call kapal besar dengan tujuan internasional.

Langkah konkret yang telah dilakukan berproses dari program tol laut yang saat ini telah memasuki tahun ketiganya. Langkah ini telah banyak berpartisipasi terutama dalam mengatasi disparitas harga dalam memeratakan ekonomi terlebih dalam mengatasi disparitas harga yang terjadi selama ini antara wilayah barat Indonesia dengan wilayah timur Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono menyebutkan bahwa pelaksanaan tol laut didukung oleh sistem distribusi dan konsolidasi barang yang ditandai dengan dioperasikannya 13 trayek pada tahun 2017, dengan rincian sebanyak 6 trayek dilayani oleh PT. Pelni melalui penugasan, dan sebanyak 7 trayek dilayani oleh perusahaan angkutan laut swasta melalui skema pelelangan umum namun semua itu tidak terlepas juga dari kerja sama dengan kementerian BUMN.

 Upaya kejayaan maritim Indonesia ditunjukan dengan resminya Pemerintah Indonesia melakukan Pemanduan di Perairan Selat Malaka dan Selat Singapura. Pemanduan kapal di Selat Malaka dan Selat Singapura ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran, perlindungan lingkungan maritim, serta menjaga kedaulatan wilayah teritorial Indonesia.

Sebagaimana bahwa dalam pengangkutan laut Indonesia telah berhasil mendatangkan kapal petikemas terbesar pertama di Pelabuhan Tanjung Priok dengan rute pelayaran langsung Jakarta - Los Angeles, Amerika. Dengan adanya pelayanan langsung ke Amerika Serikat dengan kapal berkapasitas besar, akan meningkatkan efisiensi logistik yaitu keuntungan biaya dalam berpartisipasi. Selama ini banyak para eksportir yang harus transit dulu di negara lain seperti Singapura.

Atas dasar itulah pemerintah Indonesia akan mengupayakan kemandirian Maritim Indonesia
sebagaimana perwujudan cita-cita Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. (Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan dan Tim Komunikasi Pemerintah Kemkominfo-Humas Kemensetneg).


 

0 Response to "Pemerintah Mengupayakan Kejayaan Maritim Indonesia"

Post a Comment