Orang Nomor 1 di Indonesia Mencari Kiat Jitu Dari Peternak

.
Ads Here
Kabar hangat dan gembira buat para orang yang sekarang bergelut di Industri peternakan.
Konon Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mulai menggemari hobi sebagai seorang peternak kambing. Dalam saluran You Tube pribadinya Beliau pernah mengabarkan kelahiran dua ekor anak kambing yang ada di istana Bogor.

Pada tanggal 24 September 2017, di Jambore Peternakan Nasional 2017 di bumi perkemahan Cibubur, Jakarta Timur Beliau menuturkan bahwa sepuluh bulan yang lalu Beliau membeli 5 ekor kambing yang terdiri dari 3 betina dan 2 jantan. Namun sekarang sudah bertambah 6 ekor yang artinya semua kambingnya sudah menjadi 11.

Saat ini Beliau ingin mempelajari bagaimana cara beternak. "Saya hitung-hitung dengan kalkulasi hitungan ekonomi, untungnya besar juga," ucapnya.
Namun Beliau juga menegaskan  bahwa hal ini tidaklah mudah.  Sampai-sampai saat ini dia menghadirkan orang yang cukup sukses dalam peternakan untuk berbagi bagaimana kiat-kiat dalam beternak.

Salah seorang peternak dari Purworejo ( Sugiharto) yang  dahulu ia bekerja sebagai seorang kontraktor yang kemudian banting setir menjadi peternak, yang turut dihadirkan mengaku telah
memiliki 206 ekor kambing dari semula yang hanya 6 ekor kambing, dan dari semua itu dia telah menghadirkan 3 orang pekerja diantaranya ada yang membersihkan kandang dan ada juga yang membuat pakan.



Ada banyak hal lainnya yang dikemukakan oleh Sugiharto. Presiden Joko Widodo tentu saja merasa senang dapat mendengar sendiri pengalaman-pengalaman para peternak yang selain bisa ia terapkan sendiri, juga mengetahui kondisi para peternak di Tanah Air.


Dari penjelasan Sugiharto, sebagai orang nomor satu di Indonesia Joko Widodo tentu juga memikirkan bagaimana hal itu jika diterapkan oleh masyarakat di Indonesia yang dapat memberikan keuntungan ekonomi yang cukup bagus.

Kepala Negara juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus memberikan dukungan melalui kebijakan-kebijakan yang menjadikan para peternak semakin mandiri. Ia juga mengingatkan jajarannya untuk tidak mempersulit para peternak dan para pengusaha kecil pada umumnya dengan mengurangi hambatan aturan yang ada.

Presiden juga berencana akan turun langsung ke sejumlah daerah melihat bagaimana jalannya industri peternakan di sana seperti Yogya, Bandung dan Purworejo . 

"Tentu kita dari sisi pemerintah akhirnya bisa memberikan kebijakan, mungkin suntikan yang justru tidak meninabobokan kita. Dulu banyak pemberian sapi dari pemerintah, tapi tidak memiliki hasil apa-apa. Saya kira lebih bagus kalau kita berikan rangsangan agar peternak masuk ke sistem perbankan seperti KUR (kredit usaha rakyat)," ujarnya. 

Terakhir, Presiden juga mendorong para peternak untuk dapat bekerja sama dan membentuk sebuah kelompok besar peternak. Dengan cara itu, ia meyakini bahwa keuntungan yang bisa didapatkan para peternak akan semakin berlipat.

"Industri peternakan yang terkonsolidasi bisa memberikan keuntungan yang sangat besar. Satu tahun dari 100 kambing bisa Rp120 juta, itu bukan angka yang kecil. Bisnis apa yang bisa memberikan return seperti itu," tuturnya.


0 Response to "Orang Nomor 1 di Indonesia Mencari Kiat Jitu Dari Peternak"

Post a Comment