Proses Terjadinya Petir

.
Ads Here
Petir atau disebut kilat atau juga bisa disebut halilintar merupakan fenomena alam yang umumnya terjadi pada saat musim penghujan yang diawali dengan kilatan cahaya dan sesaat kemudian akan terdengar suara  menggemuruh atau sering disebut guntur.
Biasanya kita selalu melihat cahaya atau kilat lebih dulu baru terdengar bunyi guntur. 
Hal ini disebabkan karena cepat rambat cahaya lebih cepat dibandingkan suara atau bunyi. 
Ada plesetan yang mengatakan kenapa kita lebih dulu melihat kilat dari pada suaranya karena mata kita terletak di depan sedangkan telinga berada agak di belakang. hal ini tidaklah tepat.

Proses Terjadinya Petir

Petir terjadi disebabkan adanya perbedaan muatan, yaitu antara muatan positip dan muatan negatif. Sehingga jika bertemu akan terjadi penetralan atau perpindahan muatan negatif menuju muatan  positif. 

Petir sering terjadi pada saat mendung menyusul hujan sebagaimana petir adalah hasil pelepasan muatan listrik di awan. yang menimbulkan cahaya, panas dan buni yang sanagt kuat yairu guntur atau halilintar. 


Terkumpulnya elektron diawan disebabkan karena awan bergerak terus menerus mengikuti hembusan angin dan bergesekan satu dengan yang lainnya pada akhirnya muatan listrik memisah (-) negatif dan (+) Positif , bila Negatif (elektron) disisi bawah maka (+) positif di sisi atas atau sebaliknya.

Bahayanya Geluduk atau petir ataupun sering disebut halilintar dapat menghancurkan bangunan, membunuh manusia dan bisa juga memusnahkan pohon.
Menurut penelitian  dalam setiap sambaran membawa sekitar 30.000 amp , memiliki 100 juta volt potensial listrik, jangankan tubuh manusia yang lunak, energi petir ini dapat melelehkan 1 ton baja dalam sekali sambaran.

Petir Sering Terjadi di Musim Hujan 

Sebagaimana kita tahu bahwa di saat penghujan kandungan airnya sangat tinggi sehingga daya nilai isolasinya turun dan hal ini dapat menyebabkan arus listrik lebih mudah mengalir.
Dari penjelasan sebelumnya karena ada awan yang bermuatan negatif dan bermuatan positif , maka bisa terjadi sambaran petir antar awan untuk menyeimbangkan elektron. Dalam proses ini juga terjadi perpindahan  arus listrik yang secara nyatanya kita lihat kilatan cahaya.

Manfaat Positif Untuk Kehidupan Manusia.

Sebagaimana kita tahu dari penjelasan di atas, bahwa energi petir sangatlah besar. Para peneliti ataupun ilmuwan juga  belum bisa menemukan wadah yang dapat menampung energi petir karena sangat besarnya.  Pemanfaatan sumber energi yang luar biasa dari setiap sambaran petir belumlah bisa di pecahkan oleh para ilmuwan sampai dengan saat ini, namun hanya bisa menjabarkan bahwa pada saat terjadi petir dihasilkan zat nitrat oksida atau istilah lainnya adalah nitrogen monoksida dimana molekul ini dalam ilmu kedokteran sangat penting untuk sirkulasi darah begitu pula dengan kesuburan tanaman.

Mengapa Petir Sering Menyambar Benda Tinggi Atau Banguna Tinggi.

Salah satu sifat listrik yang perlu kita tahu adalah listrik selalu mengalir dari yang positif ke yang negatif atau dari potensial tinggi ke potensial rendah. Bangunan-bangunan tinggi ataupun pohon yang tinggi potensialnya lebih rendah dibandingkan dengan potensial rendah. hal inilah yang menyebabkan bahwa petir sering menyambar tempat-tempat atau bangunan tinggi. Petir selalu mencari jalan tercepat untuk penetralan.

Cara Menghindari Petir


Jika Anda berada di dalam ruangan, lakukan langkah-langkah berikut ini :
 
Jika berada dalam rumah hindari posisi yang dekat dengan kontak listrik. Menjauhlah dari lokasi yang berair atau tanah yang basah, serta jauhi pintu, dan jendela.
Matikan dan cabut kabel power dari stop kontak listrik semua barang elektronik yang Anda miliki, seperti televisi, radio dan komputer untuk mengurangi resiko tersambar petir
Jauhi telepon. Jika kamu terpaksa menghubungi seseorang, gunakan telepon genggam. Jika petir menyambar jaringan telepon, arus listrik petir akan melewati setiap sambungan telepon yang sangat potensial menyengatmu jika kamu memegang telepon.
Jauhi pipa saluran air (bath tub, shower). Petir memiliki kemampuan menyambar rumah atau dekat rumah dan arus listrik dapat merambat lewat pipa logam saluran air.
Gunakan sandal rumah dari karet (sandal jepit) atau usahakan memakai kaos kaki yang kering, sebagai upaya ‘memisahkan’ tubuh kita dari tanah.

 
  Jika Anda sedang bera di tempat terbuka

Secepatnya dekati obyek yang lebih tinggi, jangan malah menjauhinya. Namun ingat, jangan terlalu dekat dengan obyek tersebut. Jarak maksimal paling aman adalah 2,5 meter dari obyek tinggi itu. Semakin jauh dari obyek yang tinggi, makin berisiko tersambar petir.
Jangan berdiri di bawah pohon ketika hujan. Petir yang menyambar pohon bisa meloncat ke tubuh orang.

Saat anda sedang bersama beramai ramai dengan teman anda di tempat terbuka, jangan berdiri bergerombol dan usahakan membuat jarak antar orang sekitar lima (5) meter, berjongkoklah dengan merapatkan kedua kaki, tangan jangan menyentuh tanah, tundukkan kepala serendah-rendahnya tanpa menyentuh tanah juga.
Dengan cara itu, petir yang menyambar di dekat Anda tidak akan mengalir ke dalam tubuh. Namun, kalau kedua kaki anda terbuka, petir itu akan meloncat ke tubuh anda. 
Jika sedang berenang, segera keluar dari kolam dan masuk ke bangunan terdekat. 

 Tempat - Tempat yang beresiko Tersambar Petir

Biasanya tempat-tempat yang rawan tersambar petir adalah daerah perbukitan, lereng, daerah terpencil seperti pedesaan. Di kota resiko terkena petir relatif kecil karena ionisasi di daerah perkotaan relatif merata, berbeda dengan daerah pedesaan, proses ionisasi sangat mencolok di tempat-tempat tertentu yang jarang penduduknya.

Petir juga bisa merambat melalui saluran kabel listrik dan telepon. Kabel telepon yang masuk ke pesawat telepon sebaiknya juga dicabut. Antena televisi juga bisa menjadi penghantar petir masuk ke rumah.

Bagi Anda Yang Bekerja Dibandara

Usahakan jangan berlindung tepat di bawah sayap pesawat dan di dekat roda pada saat hujan.

Alasannya, posisi ekor pesawat yang tinggi bisa tersambar petir dan langsung mengalir ke badan pesawat.

Jika Anda Sedang Berada di Kapal Saat Hujan

Segera jauhi tiang layaragar tak tersambar petir. Dan yang terakhir jika anda sedang berada di

sebuah struktur yang terbuat dari logam, menara misalnya, harus segera masuk ke dalam struktur tersebut. Jangan menyentuh struktur logam yang terkena petir. 

0 Response to "Proses Terjadinya Petir"

Post a Comment