Alasan Mengapa Angin Laut dan Angin Darat Terjadi Pada Waktu Yang Berbeda

.
Ads Here
Perlu kita ketahui bahwa angin adalah gerakan partikel udara. Angin itu selalu menempati tempat-tempat yang kosong. Angin juga bertiup dari daerah yang kerapatannya rapat ke daerah yang kerapatannya renggang.

Kenapa Angin Laut Terjadi Pada Siang Hari?

Angin laut adalah angin yang bertiup dari laut menuju darata. Angin ini biasa dimanfaatkan oleh para nelayan untuk kembali ke darat sehabis menangkap ikan. Angin ini biasanya terjadi pada siang hari.
Alasan Mengapa Angin Laut dan Angin Darat Terjadi Pada Waktu Yang Berbeda
Angin laut terjadi pada siang hari
 Hal ini disebabkan karena pada saat matahari bersinar, daratan lebih cepat panas dibandingkan dengan lautan. Sehingga udara yang ada di darat menjadi kering dan ringan. Karena sifatnya yang ringan, udara yang  berada di atas daratan naik ke atas. Karena hal itu, terjadi kekosongan udara di daratan. Angin yang berada di lautan mengisi kekosongan tersebut. Terjadilah gerakan partikel dari laut ke darat yang tidak lain kita sebut dengan Angin Laut.

 
Kenapa Angin Darat Terjad Pada Malam Hari ?

 Angin darat  adalah angin yang bertiup dari darat menuju laut. Ini biasanya terjadi pada malam hari. Angin ini dimanfaatkan para nelayan untuk pergi ke laut mencari ikan pada malam hari.

Alasan Mengapa Angin Laut dan Angin Darat Terjadi Pada Waktu Yang Berbeda
Angin darat terjadi pada malam hari
Hal yang perlu kita tahu adalah bahwa daratan cepat menyerap panas dan cepat juga melepas panas. Berbeda halnya dengan laut,lautan lambat menyerap panas dan lambat juga melepas panas. Pada malam hari, lautan udaranya panas atau kering, sehingga sifatnya menjadi ringan. Karena sifatnya yang ringan udara yang berada di atas lautan naik ke atas. Hal ini menyebabkan terjadi kekosongan udara. Udara yang berada di daratan mengisi kekosongan tersebut. Inilah yang kita namakan dengan angin darat yaitu angin yang bertiup dari darat ke menuju laut.

0 Response to "Alasan Mengapa Angin Laut dan Angin Darat Terjadi Pada Waktu Yang Berbeda"

Post a Comment